logo

Berita

Gate 13 Stadion Patriot Kini Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Gate 13 Stadion Patriot Kini Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bekasi menyulap Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi menjadi Rumah Sakit Darurat ( RSD) Covid-19, khusus bagi pasien tanpa gejala.

Bagian stadion yang diubah fungsinya menjadi RSD Covid-19 adalah Gate 13. Sebelum disulap rumah sakit darurat, Gate 13 itu dijadikan Pemkot Bekasi sebagai tempat pelaksanaan swab test maupun rapid test.

Kini tempat tes swab maupun uji cepat (rapid test) Covid-19 dipindah ke Gate 7 dan Gate 13 dialihfungsikan sebagai RSD Covid-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi sebelumnya menyampaikan, kurang lebih ada 57 tempat tidur isolasi yang sudah siap digunakan oleh pasien Covid-19 di tempat itu.
Ada empat ruang isolasi dan satu ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang disiapkan untuk merawat pasien Covid-19.

Rahmat memastikan, fasilitas RSD Patriot sudah sesuai dengan rumah sakit darurat pada umumnya. “Hepafilter sudah ada, infus ada, oksigen juga ada di tiap ruangan disiapkan,” kata Rahmat, Senin (21/9/2020) lalu.

Selain itu disiapkan makanan dan laundry. Vitamin dan obat-obatan yang diberikan sama persis dengan pengobatan di rumah sakit umum.

RSD itu akan dilayani oleh 12 perawat, 8 bidan, 10 dokter spesialis, 6 dokter umum, dan beberapa dokter magang. Rahmat mengatakan, pasien Covid-19 yang diisolasi di RSD Stadion Patriot juga dapat pelayanan swab rutin hingga hasilnya dinyatakan negatif.

Sesuai prosedur di rumah sakit, tiap tiga hari sekali pasien Covid-19 akan jalani swab untuk memeriksa keadaanya. “Semua sama (pelayanannya), dia dapat di-swab tiga hari sekali,” kata Rahmat.

Rahmat mengatakan, RSD Patriot diproyeksikan untuk bisa merawat kurang lebih 100 pasien Covid-19. Ia menyatakan, 2/3 Stadion Patriot akan digunakan Pemkot untuk penanganan Covid-19. “Itu semua 57 kapasitas penampungan, kalau misalkan ada penambahan kami akan siapkan ruangan sebelah. Nanti 2/3 ruangan stadion akan kami pakai semua,” kata Rahmat.

Selasa siang kemarin, tempat itu menangani delapan pasien Covid-19 dengan status tanpa gejala. Harus berdasarkan rujukan puskesmas Kabid PelayananKesehatan Dinkes Kota Bekasi, Rina Oktavia mengatakan, pasien yang saat ini dirawat di RSD Patriot adalah warga Kota Bekasi yang dirujuk oleh puskesmas setempat.

Untuk bisa diisolasi di Stadion Patriot, pasien memang harus mengantongi rujukan dari puskesmas. “Oh tidak (datang sendiri), ini harus dirujuk dari puskesmas, jadi petugas puskesmas yang ngantar ke sini dengan prosedur yang sudah kami kasih ke puskesmas,” kata Rina, kemarin.

Menurut Rina, surat rujukan tersebut merupakan bagian dari konsep penanganan sebelum warga masuk ke RSD Patriot. Ia mengatakan, jika pasien Covid-19 hendak dirujuk ke RSD Covid-19 itu, mereka terlebih dahulu melapor ke puskesmas terdekat. “Biasanya kan pasien punya kontak puskesmas masing- masing.

Kalau dia merasa tidak layak rumahnya, dia maka bisa langsung kontak puskesmasnya,” ucap Rina. Pihak puskesmas yang akan melihat apakah kondisi pasien Covid-19 tersebut layak dipindah ke RSD Patriot.

Jika pasien Covid-19 tak punya penyakit bawaan atau komorbid dan rumah maupun lingkungannya tak memadai, dia bisa dirawat di RSD Patriot. “ Puskesmas bisa langsung ke rumah kalau sudah ada info pasien Covid-19 di wilayahnya. Mereka langsung cek kelayakan di lingkungan rumahnya, maka puskesmas yang berhak merujuk ke sini,” ujar dia. Stadion tak ditutup untuk umum Pasien Covid-19 yang diisolasi di Gate 13 itu akan berjemur di Tribun Timur setiap pagi dan sore.

Walau demikian, Stadion Patriot tak ditutup untuk umum. Tribun Barat dan lapangan tetap bisa digunakan oleh masyakat umum. “Bisa (dioperasikan), tetapi di dalam saja (lapangan). Kayak kemarin kan ada timnya Raffi Ahmad juga datang ke sini, silahkan aja kalau mau main, toh kan juga di udara bebas (tempat terbuka),” kata Rahmat Effendi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gate 13 Stadion Patriot Kini Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/09/23/07132761/gate-13-stadion-patriot-kini-disulap-jadi-rumah-sakit-darurat-covid-19?page=all.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Egidius Patnistik

Berita Gate 13 Stadion Patriot Kini Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19
Logo Header
Jalan Alex Bangun Cipendawa Baru
RT 003 / RW 002 Bantar Gebang,
Kota Bekasi, Jawa Barat 17151
Copyright © 2020 - PT. Bumi Indah Putra All Rights Reserved,
Link Mobile
Switch to Desktop Version